ORGANISASI DASAR KOMPUTER
Pada artikel sebelumnya,
penulis menjelaskan tentang "Evolusi Arsitektur Komputer", kini
penulis akan menjelaskan hal yang masih berkaitan dengan artikel sebelumnya,
yaitu "Organisasi Komputer Dasar".
Seperti
yang penulis jelaskan pada artikel sebelumnya, komputer termasuk benda yang
sangat dibutuhkan pada saat ini guna membantu manusia untuk melakukan
pekerjaannya. Semakin berlalunya waktu, komputer merupakan salah satu teknologi
yang selalu berkembang dari masa ke masa.
Sebagaimana definisi komputer menurut Robbert H. Bilssmer pada tahun 1985,
"Komputer merupakan suatu alat elektronik yang bisa melakukan serangkaian
tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai instruksi yang diberikan,
menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output
dalam bentuk informasi."
Organisasi komputer
berkaitan dengan unit-unit operasional komputer dan berhubungan dengan komponen
sistem komputer, seperti hardware, sinyal kontrol, interface, teknologi memori.Arsitektur
komputer lebih cenderung pada kajian atribut-atribut sistem komputer yang
terkait dengan seorang programmer. Contohnya, set instruksi, aritmatika yang
digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O.
Sebagai contoh apakah
suatu komputer perlu memiliki instruksi pengalamatan pada memori merupakan
masalah rancangan arsitektural. Apakah instruksi pengalamatan tersebut akan
diimplementasikan secara langsung ataukah melalui mekanisme cache adalah kajian
organisasional.Dua komputer dengan arsitektur yang sama dapat saja mempunyai
organisasi yang berbeda, demikian pula sebaliknya. Sebagai analogi dimana
seorang arsitek menggambar denah untuk dua rumah namun material bangunan yang
digunakan dapat saja berbeda untuk membangun kedua rumah tersebut. Jadi, di
dalam perancangan sebuah komputer, yang pertama diterapkan adalah
arsitekturnya, baru memutuskan organisasinya.
Penjelasan Gambar :
Central Processing Unit (
CPU ) merupakan komponen penting dalam komputer dasar karena CPU merupakan
perangkat pengendali urutan dari semua informasi dalam komputer dengan dunia
luar melalui unit I/O. Sedangkan untuk unit memori terdiri dari sejumlah besar
lokasi yang menyimpan program ataupun data yang sedang aktif digunakan dalam
CPU. Ketiga unit diatas dihubungkan melalui berbagai macam BUS.
Fungsi komputer didefinisikan sebagai operasi
masing-masing komponen sebagai bagian dari struktur. Adapun fungsi dari
masing-masing komponen dalam struktur di atas adalah sebagai berikut:
1. Input
Device (Alat Masukan) adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai
alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer. Contoh : keyboard
2. Output
Device (Alat Keluaran) adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk
menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa
hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.
3. I/O Ports
bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data ke luar sistem.
Peralatan input dan output di atas terhubung melalui port ini.
4. CPU (Central Processing Unit) merupakan otak
sistem komputer, dan memiliki dua bagian fungsi operasional, yaitu: ALU
(Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data, dan CU (Control Unit)
sebagai pengontrol kerja komputer.
5. Memori
terbagi menjadi dua bagian yaitu memori internal dan memori eksternal. Memori
internal berupa RAM (Random Access Memory) yang berfungsi untuk menyimpan
program yang kita olah untuk sementara waktu, dan ROM (Read Only Memory) yaitu
memori yang hanya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat
komputer pertama kali dinyalakan.
6. Data Bus adalah
jalur-jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer. Karena pada
suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka
jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat.
Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya
bidirectional, artinya CPU dapat membaca dan menerima data melalui data bus
ini. Data bus biasanya terdiri atas 8, 16, 32, atau 64 jalur paralel.
7. Address
Bus digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer
data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan ditulis atau
dibaca.
8. Control Bus digunakan untuk mengontrol
penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address Bus. Terdiri atas 4 sampai 10
jalur paralel.
STRUKTUR
KOMPUTER
Struktur komputer dalah sebuah sistem yang
berinteraksi dengan cara tertentu dengan dunia luar. Interaksi dengan dunia
luar dilakukan melalui perangkat peripheral dan saluran komunikasi. Ada
beberapa tingkatan dalam arsitektur komputer, pada konstruksi dan organisasi
sistem komputer memiliki perbedaan sederhana diantara tingkatan tersebut yaitu
perbedaan antara hardware dan software.
Terdapat struktur
utama :
1. MEMORI
adalah bagian fungsional komputer yang berfungsi untuk menyimpan program dan
data.
2. RAM
( Random Access Memory ) adalah memori yang dapat dibaca atau ditulis. Data
dalam sebuah RAM bersifat volatile, artinya data akan terhapus bila tidak ada
aliran listrik. Karena sifat RAM yang volatile, maka program komputer tidak
tersimpan di dalam RAM. RAM hanya digunakan untuk menyimpan data sementara.
3. ROM
( Read Only Memory ) adalah memori yang hanya dapat dibaca. Data yang tersimpan
dalam ROM bersifat non-volatile, artinya data tidak akan terhapus meskipun
tidak ada aliran listrik. Maka ROM dipergunakan untuk menyimpan program. Ada
beberapa tipe ROM, diantaranya ROM murni, PROM, dan EPROM.
4. Unit
Masukan ( I/O ) berfungsi untuk menerima masukan kemudian membacanya dan
diteruskan ke Memory / penyimpanan. Dalam hubungan ini dikenal istilah
peralatan masukan yaitu alat penerima dan pembaca masukan serta media masukan
yaitu perantaranya. Berikut beberapa alat contoh unit masukan
v Keyboard,
merupakan piranti masukan yang terdiri dari kumpulan huruf, angka dan karakter
khusus. Keyboard juga memberikan kemudahan bagi user untuk memberikan perintah
yang diperlukan apabila menekan kombinasi antara karakter yang ada pada
keyboard dengan tombol-tombol tertentu
Kemudian ada 2 macam tingkatan struktur arsitektur
lainnya seperti:
1.Tingkatan dasar arsitektur komputer
Pada tingkatan dasar ini
hardware lah yang menduduki tingkatan dasar dalam arsitektur komputer,
sedangkan satu tingkat diatasnya adalah software. Software berada ditingkat
diatas hardware, karena hardware mendukung software dengan memberikan atau
menyediakan operasi yang diperlukan software.
2. Multilayerd Machine
v Tingkatan
dasar arsitektur komputer kemudian dikembangkan dengan memandang sistem
komputer keseluruhan sebagai “multilayered machine” yang terdiri dari beberapa
layer software di atas beberapa layer hardware.
Keterangan:
v Physical
Device layer, merupakan komponen-komponen elektrik dan elektronik yang
digunakan dalam arsitekturisasi komputer, physical layer merupakan slah satu
yang terpenting dalam arsitektur komputer. Digital Logic Layer, pada dasarnya
elemen ini dapat menyimpan, memanipulasi dan mentransmisikan data dalam bentuk
biner sederhana.
v Microprogrammed
Layer, layer ini menginterprestasikan instruksi bahasa mesin dari layer nesin
dan secara langsung menyebabkan elemen logika digital menjalankan operasi yang
dikehendaki. Machine Layer, tingkatan ini merupakan tingkatan paling bawah
dalam suatu hardware, dalam programnya layer ini harus menggunakan instruksi
bahasa mesin.
v Operating
System Layer, namanya saja sudah operating system maka layer ini berfungsi
sebagai pengatur cara yang dilakukan software dalam menggunakan hardware, dan
hardware harus memberikan fasilitasnya sendiri untuk memungkinkan software
menggunakan hardware tersebut secara lebih mudah.
v Higher
Order Software Layer, layer ini mencakup semua program dalam bahasa selain
bahasa mesin yang memerlukan penerjemahan kedalam bahasa mesin sebelum mereka
menjalankan perintah yang dimaksud.
Aplications Layer, merupakan bahasa komputer seperti
yang dilihat oleh end-user.
Sumber:
Organisasi & Arsitektur Komputer by Yulisdin Mukhlis, ST., MT.
Komentar
Posting Komentar